Rabu, 20 Agustus 2008

Me and classical music

Ya ampun fit.... berat amat selera lo. Kalo jazz macem tompi gw masih bisa nikmatin, tapi kalo nonton konser musik klasik ntar dulu deh. Hua... apa coba yang salah ama suka ngedengerin musik klasik? heran!Toh gw juga punya lagu pop, dangdut, jazz dan rock yang gw suka. Bahkan metallica pun menurut gw keren. Yang gak bisa gw nikmatin tuh cuma musik hip-hop.

kata-kata itu gw denger dari temen gw waktu gw nyari temen buat nonton konser the voice of magic, the magic of voice ya gitu deh namanya (maklum tketnya ilang) yang diadain sama rotary club di hotel shangrila jakarta. Konsernya itu terdiri dari piano, kecapi cina and alat gesek cina gitu. saking desperadonya nyari temen, akhirnya gw ngehubungin hampir semua temen gw yang gawe di jakarta. Jawabannya macem-macem. Dari yang mulai ngajakin pengajian (maklum, konsernya barengan sama hari besar islam), sampe wisata kuliner. Yang wisata kuliner gw iyahin, tapi tetep aja gw nonton konser sendiri. Selain karena genrenya klasik, tiketnya yang 150rb emang mahal (hmmm sekarang gw jadi inget dompet gw bocornya selain buat wisata kuliner kemana aja).

Gw tu sempet belajar biola bertahun2 dari kelas 4 sd sampe 1 sma. Gw sempet maen ensemble tempat les gw beberapa kali n that's it. eh pernah juga maen buat sekolahan gw pas smp sampe ditawarin buat masuk band sekolah tapi gwnya emang gak niat aja. temen gw bilang jangan2 mereka excited karena belom pernah liat yang maen biola sebelumnya lagi, wakakakakakak. Playing music instrument is not one of my best expertise and never will. I was a horrible violin player and My mom said that the way i played my violin is terrifying, huehehehe. kata si mamah n aa bunyinya nguak nguik nguak nguiiiiiikkkkkkkkkkkkk.

Jadi dulu nyokap gw nawarin gw les piano, tapi gara2 ada iklan bank yang anak kecilnya maen biola, gw jadi pengen. Ternyata investasi gagal saudara-saudara. Bahkan sampe umur gw sekarang pun, kalo ada momennya nyokap gw pasti bilang "Tu kan, coba dulu kamu belajar piano kayak mama bilang". padahal bisa juga gw maen piano sama parahnya. Jadi akhirnya pas sma gw memutuskan untuk berenti, atau kata orang dagang mah cut loss n milih masuk tim debat, hehehehe. Dulu temen sma gw ada yang satu guru biola sama gw, n sekarang karirnya emang jadi violinist. Cuma gara2 belajar biola itu gw dari kecil familiar sama lagu2 klasik dari kecil kayak karya2nya bach, schuman, bethoven, dll, dll. meski secara teori gw gak mumpuni juga bedain mana lagu jaman barok, klasik, dll, dst. Benar2 penikmat saja.

Bukan pertama kalinya si gw nonton konser atau resital sendiri. Di bandung juga dulu sering, tapi cari yang gratisan di ccf. Nah konser piano plus 2 alat musik tradisional cina tadi itu ternyata ok banget. pianisnya masih 18 tahun, namanya edith widiani, dia belajar piano dari umur 3 tahun dan konser itu konser perpisahan dia karena dapet beasiswa belajar piano ke amrik (buset... apalagi yang dipelajarin ya???). Nah alat musih gesek yang dimaenin sama adiknya si pianis itu arti katanya berasal dari kuda. Jadi ada nada tertentu yang kalo digesek itu suaranya emang kayak ringkikan kuda. ngigigigik ngingiigigik. Sampe pas acara selesai, si panitia masih minta pemaennya maenin si nada kuda itu.

Yang paling gw suka dari musik klasik itu adalah kebebasan gw untuk berimajinasi dan menginterpretasikan musik yang dimaenin terlepas dari interpretasi si komposer. Jadi gak usah mikir. Biarin aja otak gw terbang kemana-mana. Bukan bermaksud merendahkan lagu indonesia yang banyak juga yang keren, tapi kok ada juga yang bapuk abizzzz semacem lagu cegukan yang tiap katanya diakhiri oleh ik...ik...ik... atau lagu yang judulnya gubrak yang emang syairnya bikin gubrak. Apalagi yang bisa diinterpretasiin dari lagu kayak gitu coba? atau gw yang pemahamannya kurang?

Di konser rotary yang gw datengin, ada lagu yang katanya nyeritain tentang kuda dan dari nada2 yang diaenin gw bisa ngebayangin derap langkah sekelompok kuda di padnag rumput. orang laen bisa aja ngebayangin kuda kawin, kuda kesasar, kuda liar, atau apapun. Ada juga lagu yang bahkan untuk narik napas pun gw sayang karena takut momentumnya kelewat. Belum ada lagu yang gloooooommmmmmyyyyyyyy banget yang cocok jadi soundtrack atau backsound orang yang mau bunuh diri. Nah makanya sabtu kemaren gw suenang skalski waktu dapet tiket gratis nonton konser harpa plus flute and jakarta chamber orchestra. konduktornya avip priatna lagi. Kalo beli, harga tiketnya 250rb bo! Sejujurnya, itu pertama kalinya gw nonton orkestra live. jadi seneng banget. KArena bintang utamanya si pemaen harpa, jadi awal2 emang harpa doang yang dimaenin. Terlepas dari kostum pemaen harpanya yang kurang ok, overall si konsernya ok banget. Ada lagu yang kayaknya maniiiiiiiiiiiisssssssssssssssssssssssssssss banget sampe lagu yang horor gitu. Aaaaaahhhhhhhhhhh menyenangkann!!!!!

Ada yang mau ngasih tiket nonton konser musik lagi?????

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo dapet tiket lagi, g dengan senang hati kok menemani :P

antara bach & miles davis, yg g ga tahan cuma kalo dengerin rock underground yg isinya kaya' orang sakit leher dicekek sama gergaji.

grssskkgrskgs arararar grsksgrsk... (music??)

hahahhahaa....

anu mengatakan...

ikut ih.. (kalo ada tiket gratisan, hehe)