Selasa, 26 Agustus 2008

Chinese Funeral

Kemaren gw pergi ke pemakamannya bokap ex staff kantor gw. Gw gak kenal si sama orangnya, karena dia pindah sebelum gw masuk. Rumah duka yang gw datengin itu ada di daerah Jakarta Utara gitu deh. Pertama gw dateng ke rumah duka, agak kaget juga karena kok tempatnya terang benderang gitu. Gw mikirnya bakal ada tangisan msal di begitu bnayak rumah duka yang ada tenryata enggak.

Rumah duka bokap ex staff kantor gw itu ada di lantai dua. Pas di lantai satu aja gw udah amaze ngeliat rumah duka-rumah duka yang sepertinya fully booked. Pertama, bayak banget makanan. Kedua, gw gak ngeliat orang nangis2. Ketiga. Bajunya pada anyantei abis gitu, dari mulai celana pendek sampe rok mini.

Naeklah gw ke ruang duka yang dituju. Ternyata karena almarhum penganut budha, lagi ada upacara gitu deh. Trus gw merhatiin sekeliling. Sebagian tamu emang ada yang ngikutin upacara budhanya, tapi bnayak juga yang duduk2 di kursi deretan belakang, makan kacang, roti atau jeruk yang disediain di beberapa meja. Wah... kok seperti kantin msal rumah duka ini. ditambah ada kulkas juga. Di dalemnya ada kue apem sama bakpao. Temen gw sempet cekikikan sendiri. APs di mobil dia baru tanya apa tuh makanan di kulkas bayar atau enggak, hehehehe. Udah gitu, pas kita masuk ruang duka, ada penerima tamu dan tempat masukin uang. Gw hampir jedang begitu yang nerima tamu nyodorin kartu dijepret permen sebagai ucapan terima kasih. Huaaa kok kayak kawinan.

Gw langsung sms temen gw yang chinese nanyain kok acara berduka cerah begini. Dia bilang, tergantung apakah keluarganya masih cina totok atau engga. Kalo yang totok emang dibikin cerah tapi abis itu 40 hari pake kaen karung. Kalo di tempat ex staff kantor gw sih yang berduka pake atasan putih, bawahan item trus semacam iketan di tangannya. Di ruang duka lantai bawah gw liat yang lebih meriah lagi, soalnya ada boneka2 dewa gitu terus langit2nya digantungin semacam spanduk pake tulisan cina besar2. Temen kantor gw yang ikut pergi trus sempet cerita, di salah satu ruang duka di pojok, peti matinya itu kayak peti mati Cina yang bentuknya kuno melengkung gitu. jadi pas mereka mau ke wc yang ada di belakang itu, dia ngebayangin jangan2 ada vampir ngeloncat dari tuh peti kayak di film2, huehehehehehehe.

Waktu temen gw yang batak kristen meninggal, acara nangis2nya heboh gitu. Apalagi pas penguburan karena nangisnya pada histeris. Waktu bokapnya temen gw yang Jawa katolik meninggal, gw ke rumah duka. Ya suasananya kelam gitu tapi gak terlalu menjerit-jerit. Sebagai moslem, gw biasa dateng ke pemakaman yang semua prosesnya cepet. Malem meninggal, besok pagi atau siang dah dimakamin. Ada yang nangis, tapi gak histeris2 amat. Pengalaman dateng ke chinese funeral pertama kali buat gw menambah khasanah pengetahuan gw tentang budaya

2 komentar:

anu mengatakan...

huhu, iya aneh yak? but you should go to a chinese marriage, it is even more interesting, kaya film mafia hongkong gt, hehe, jd kita duduk di meja2 bunder gt, trus ntar ada toast, trus ada karoke chinese songs, pokonya menarik lah! except for the food, its all pork.. eh fit, ak udh update linkmu diblogku, udh liat blognya dewi lestari blom? u shld definitely check it out, keren bgt!

belongimbal mengatakan...

fie..
soal pemakaman orang batak kristen, memang sih gw harus akui kl soal nangis menangis ga ada dua nya deh kaum gue tuh. Tapi kayanya pengalaman lu ke pemakaman orang batak itu baru setengah jalan karena lu cuman lihat bagian menangis heboh dan sedih mendalam (bener kan ya ini yang lu liat? kali kali aja salah).

setengah jalan nya lagi adalah pemakaman batak dengan tangis tak kalah heboh disertai dengan genderang riang dan suara bersuka cita karena dia telah menyelesaikan tugasnya di dunia ini dengan sukses. Ukurannya adalah (at least buat orang batak simalungun seperti gue) jikalau seseorang meninggal setelah dia menikahkan semua anak-anaknya, maka telah berhasil lah dia menyelesaikan tugas nya di dunia ini. Oleh karena ini lah pemakaman nenek gue ("nini" kl orang batak panggilnya) di sertai dengan gendang dan suling batak kira-kira 3 hari 3 malam.

gitchu. gw juga pertama tama bingung kok bisa ada musik heboh meriah di pemakaman.