Selasa, 16 September 2008

again about believes

Gw menikmati banget wiken kemaren karena gw makan di tempat yang lumayan ok (Nu-Art Cafe), makanannya gak mengecewakan (walaupun bukan enak banget), dan dilanjutin sama ngopi di tempat yang asik. Namanya breeze, di daerah Cipaku. Beneran tempatnya asik, karena bentuknya tuh rumah, dikelilingi kebun yang luas dan di kebun itu banyak gazeebonya trus di dalem gazeebo itu ada sofa2 besar buat ngobrol. Ditambah lagi, kita bisa denger suara tokek segala macem. Cuma karena gw kesana malem, agak menggigil juga ya bo (sudah merasa postingan ini harusnya masuk food review?). Gw pergi ma temen gw, an interesting guy who has many interesting ideas about religion. Sayangnya, malem itu ego gw sedikit terluka karena harus gw akui pengetahuan sejarah gw kalah telak. Sepertinya gw harus baca buku 5.000 halaman sejarah islamnya temen gw to restore my ego, huahahaha. enggak lah, gak seniat itu. cukup 1250 halaman mungkin ;-).

Back to the main theme. Tema yang diomongin banyak abisnya, dari mulai perang tiga kerajaan di Cina, Islam tenryata sosialis, kenapa bagdad bisa kalah sama mongol, dll (Ada yang merasa temanya terlalu berat untuk ngopi pada saat weekend?). Makanya kita omongin main theme aja which is about believe.

Ngomong-ngomong soal krisis kepercayaan terhadap agama, apakah kalian pada sempet ngalamin? bentuknya kayak apa? gw sih sempet mempertanyakan apakah Islam, agama yang gw percayai selama ini adalah sebuah kebenaran tunggal ataukah ternyata semua agama itu benar dan berjalan secara paralel? Sejauh apakah kita harus membela kepercayaan yang kita anut? jaman dulu sih orang sampe perang segala macem. Perang salib aja ada season 1, 2, 3 dan mungkin seterusnya.

Temen gw sempet nanya, dan ini sebenernya salah satu titik perbedaan yang menarik antara gw dan dia. Dia bilang gini, gimana bisa gw (refering to him) masuk ke surga firdaus dan 1 rt sama rasulullah kalo gaya hidup gw masih semi hedon gini? Gw ngaji aja paling cuma sedikit, gak wirid sampe yang banyak gitu. Belom dulu solat sempet bolong-bolong. Gimana cara bayar utang gw? Kalo percaya bahwa semua islam bakal masuk surga setelah beribu-ribu tahun di neraka, gw emang pasti masuk surga, tapi itu juga paling surga layer pertama. Apa gw resign aja dari kehidupan duniawi dan totally dedicate my self as a scholar or getting closer to God?

Gw bilang aja kalo yang namanya kerja itu kan ibadah. Rasul sendiri adalah seorang pedagang yang sukses. Bersyukur sama Allah itu bukan hanya bisa ditunjukkan dengan ritual formal, tapi juga dengan mengagumi ciptaannya. Bahkan ada hadits (gw gak yakin juga) yang bilang kalo allah menghargai orang muda yang sibuk tapi masih sempet beribadah dibanding orang tua karena kalo orang tua ya emang gak ada kesibukan lain. kurang lebih gitu lah. Idup itu lebih mudah kalo kita ngasingin diri bagaikan para sufi dan menghabiskan diri unuk solat berpuluh-puluh kali dan wirid beribu-ribu kali tiap hari. Padahal kan islam ngajarin habluminallah dan habluminannaas (yah begitulah). Yang menunjukkan kalo idup itu ya gak harus cuma berhubungan sama tuhan tapi yang horizontalnya juga harus ada.

Menurut gw, Tuhan itu gak punya standar skor kalo sekali kita solat lo bakal dapet 10 skor, trus kita utang berapa kali gak solat, dikaliin skornya. gak ada kalkulator buat dosa dan ibadah, karena cuma dia yang tau. makanya belum tentu kita wirid beribu kali skornya lebih besar karena belum tentu tulus. Kita ibadah karena kita takut masuk neraka, kita ibadah karena pengen masuk surga, kita ibadah karena takut dosa, bukan ibadah karena kita mencintai tuhan secara tulus. Mendingan lupain aja dosa yang dulu-dulu dan mulailah dari awal saat ini

Gw juga cerita kalo dari sekian solat gw, ada yang karena emang kewajiban karena dah ditanamkan dari kecil kalo gw harus solat (bahasanya dia terinternalisasi), on..off...on...off... kadang bisa sampe nangis kalo lagi solat, kadang sambil ngelamun. Seringkali gw juga mempertanyakan keberadaan Tuhan dan agama kayak misalnya kenapa jatah warisan cewe cuma setengah, dll. Cuma gw juga pernah merasakan gw dekeeettttt banget sama Tuhan kayak waktu suatu sore tenang berangin dan jalanan sepi dimana ketika gw bernapas gw merasakan tuhan masuk ke dalam pori2 gw, atau waktu gw ngeliat ribuan bintang di langit pas di Sabang yang baguuuuuusssssssssssss banget.

Dia bilang dia kadang pengen jadi orang yang menjadikan semuanya simple kayak gw, tapi dia bilang kayaknya dia emang orang yang suka memperumit sesuatu. Kalo ternyata ibadah bisa dibikin sesimple itu, cukup dengan menghargai ciptaannya, dengan bilang ciptaan tuhan itu bagus, "tell me how then". Kata-kata dia gw protes. Menurut dia pemikiran gw simple, tapi menurut gw, ritual yang dia inginkan itu lebih simple dibanding dia bisa merasakan tuhan dimana2. Cara pandang kita itu sama cuma di kutub yang berbeda....

Perbincangan malam itu lumayan terngiang-ngiang sampe di rumah. Hmmmmmm apakah membuktikan kepercayaan dan kecintaan kita emang harus pake ritual? sesuatu yang GRAND karena tuhan memang maha GRAND? atau hal-hal kecil seperti terkagum-kagum akan ciptaannya? curhat gak jelas di dalem angkot karena percaya tuhan gak bakal bocorin rahasia kita?Apakah mempertanyakan ritual untuk memujanya sebuah penistaan atau sebuah usaha untuk menggali lebih dalam?

GRAND WAY or small steps is a matter of choice. God may love them both or don't even need one.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Untuk di sisi org yg skeptis ky gw sih semestinya gw dpt merit lebih karena ingin mencari tau jawaban2 itu. Proses pencarian ini dihargai apa ya oleh yg di atas? Either berhasil atau mati mencoba.

Trus untuk orang2 yg blindly faithful, internalized, atau automated sejak kecil entah karena didikan atau berhenti bertanya sejak dini, I wonder yg di atas me-label mereka sebagai apa ya?

Apakah mereka dapat penghargaan lebih sebagai orang2 yg buta namun taat? Apakah yg di atas senang punya pengikut yg begitu saja? Kalaupun gw berhasil mendapat jawaban dan berakhir seperti itu, apakah waktu gw yg hilang karena pencarian gw itu terlalu lama dan terlampau mahal untuk dikompensasi sehingga catatan amal gw tersusul jauh daripada org2 yg buta sejak awal. Gimana donk? Tetep masuk surga layer pertama aja ya...

Hmmmmm......

anu mengatakan...

di semua agama, terlepas dr ritualnya, gw rasa yg jadi nilainya itu keyakinannya, kepercayaannya akan kebenaran sejarah bahwa Tuhan benar2 menurunkan wahyunya pada seorang manusia yg gifted, di suatu tempat, dimana ada kebudayaan yg menempel pada manusia tsb. dan saya memilih untuk percaya dan menempel pada esensi dr wahyunya, bukan pada budaya dan ritualnya.

fyi, tempat yg kmu bilang bagus itu fit, the breeze, itu punyanya aldi kentang anak 5, yg tadinya mau dijadiin venue bukber 5 yg gagal.. ;D