Senin, 01 September 2008

Refleksi Munggahan

Udah jadi tradisi buat banyak masyarakat Sunda, untuk ngerayain yang namanya munggahan. Waktu salah satu temen gw nanya munggah tu apa, gw juga agak susah jelasinnya. Kalo di Aceh si ada tradisi serupa namanya meugang. Kurang lebih, Munggah tu kumpul-kumpul 1 hari sebelum bulan Ramadhan mulai. Kumpul-kumpulnya bisa nyekar ke makam leluhur, atau malah makan-makan.

Sabtu kemaren, gw, nyokap, kakak gw n istrinya pergi ke Leles, Garut. Tujuan utama sih nyekar ke makam bokap gw, plus ortu n leluhur nyokap. Di sepanjang perjalanan gw seperti biasa mengamati lingkungan sekitar (serasa observer gak jelas). Perubahan yang paling keliatan dari perjalanan kali ini adalah pembangunan jalan baru di daerah nagrek. Yah seperti mungkin dah pada tau, jalur nagreg itu kan nerakanya mudik lebaran. Jalur menanjak, macet tiada tara, apalagi di alan cagak (percabangan) garut-tasik. beudeuuuhhhhhh. Nah makanya dibangun jalan baru. Cuma pas waktunya mudik lebaran dah jadi apa belom ya jalannya? moga2 aja udah. Kalo belom pun, gw kan lebaran di bandung tahun ini jadi gak kena macet, huahahahaahahahahaha (gaya setan ketawa)

di jalan masuk ke kampung nyokap gw, ada beberapa rumah juga yang rame munggahan. Banyak mobil mewah parkir di jalan yang dah butut setengah mampus itu. Mungkin mobil2 bagus itu nandain orang yang merantau ke kota dan berhasil.... cuma nyokap bilang si di daerah situ emang keluarganya dokter siapa.... gitu. Dokter jaman kuda gitu. Tapi ya gak pasti juga. Cuma kalo tenryata orang-orang yang ngerantau pada sukses n masih inget desa bagus juga.

Trus sepupu gw kan masih tinggal di leles. Cerita dia bikin gw agak miris gitu. Dia cerita, ada anak yang gak mau sekolah kalo gak dibeliin motor ma ortunya. Ada juga yang sampe ngegerebek (hmmmmm gimana ngejelasin kata ini yah? gila? depresi? sejenis-jenis ngelamun berkelanjutan deh) kalo gak kesampean punya motor atau hp baru. Keponakan jauh gw juga sempet tuh kayak gitu n pulih setelah dapet motor. Kakak ipar gw yang orang sumedang cerita juga kalo fenomena serupa kejadian juga di Sumedang. Akibat budaya komersil? materialistik? apapun lah namanya. Yang jelas penyakit ini membahayakan. gw yang lahir dan besar di kota aja ngalamin jalan kaki or naek becak kok ke sekolah. Tapi itu bertahun-tahun yang lalu. Apa generasi sekarang beda yah? OHHHHHHHHHHH TIDAAAAKKKKKKKK

Trus gw kan abis nyekar pergi makan di samarang Garut ke tempat yang namanya mulih ka dasa. konsep tempat makan itu nawarin suasana pedesaan (laporan lengkapnya disusulin di queenandfood.blogspot.com). Ada orang maen kecapi suling, angin semeliwir, piring n gelas kaleng! Iya gelas dan piring kaleng yang bocel-bocelnya disengaja (seandainya pun gak disengaja berarti mereka beli dari toko barang bekas gitu??? TIDAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKK).

Ada ironi disitu. Di desa dimana para orangtua yang petani lagi berjuang biar tetep bia idup dan survive, anak2 minta dibeliin motor atau hp biar mau sekolah. Padahal belum tentu tahun ini panen berhasil. Di sisi lain, orang2 kota yang sok-sok kangen pedesaan bersedia membayar demi ngerasain suasana idup pedesaan or kayak orang miskin makan di atas piring kaleng!!!!! Dunia macam apa ini???

-back to work ah-

1 komentar:

anu mengatakan...

kalo yang soal piring kaleng, yah itu kan utk entertain org kota, biar jadi pemasukan kan buat org garut.. soal yg ngeyel pgn dibeliin motor, itu jg terjadi sh dikota, cuman bedanya disini mah pada ngeyelnya pgn dibeliin mobil, huhu.. bahkan skrg ponakan temen gw yg masi SD udh minta dibeliin N73, dan teman2nya pake PDA, sekolahnya di tarbak sih, huhu.. eh fit, di garut ada desa namanya sarkanjut, bener ga?